Search
Close this search box.

Profil

Pondok Pesantren Sunni Darussalam Yogyakarta

Pondok Pesantren Sunni Darussalam (PPSD) dirintis pada tahun 1983 oleh Prof. Dr. KH. Moh. Tolchah Mansoer, S.H. pendiri Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) sekaligus Ketua Umum Pertama pada tahun 1954. Setelah beliau wafat pada tahun 1986, pendirian Pondok Pesantren Sunni Darussalam dilanjutkan oleh istri beliau yaitu Dra. Hj. Umroh Machfudzoh yang merupakan Pendiri dan Ketua Umum Pertama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), putri KH. Wahib Wahab (Menteri Agama Era Presiden Soekarno) dan sekaligus cucu KH. Wahab Hasbullah (Tokoh Pendiri Nahdlatul Ulama).

Asrama Putri Pondok pesantren Sunni Darussalam

Kegiatan belajar mengajar di Pondok Pesantren Sunni Darussalam diperuntukkan bagi siswa Tsanawiyah/SLTP, Aliyah/SLTA dan Mahasiswa.yang dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis yaitu: kegiatan harian, mingguan, bualanan, dan tahunan. Pengajian harian dilaksanakan mulai bakda Sholat Subuh yang digunakan untuk pengajian Al-Quran dan Tafsir, Bakda Magrib dan Isya untuk pengajian Fiqih, Tasawuf, Akhlaq, Nahwu, Shorof, Tarikh, serta  Hadits dengan menggunakan dengan metode Sorogan (privat) & Bandongan (umum) menggunakan kitab-kitab ala pesantren salaf. Selain pengajian harian, setiap minggu sekali  pada malam jum’at terdapat kegiatan Yasin dan Tahlil kemudian dilanjutkan dengan pembacaan maulid nabi/ Diba’an. Kegiatan yang dilaksanakan satu bulan sekali adalah Muqodanam/Khataman Al-Quran dan dilanjutkan dengan Pengajian yang dilaksanakan pada malam Jum’at Pon dalam penanggalan pasaran jawa.  Selanjutnya kegiatan Tahunan yang dilaksanakan setahun sekali adalah Pengajian Posonan. Khataman Akhir Sanah dan Haul Pengasuh.

Pondok Pesantren Sunni Darussalam merupakan lembaga pendidikan yang memadukan kecerdasan dan keunggulan akademik dengan nilai-nilai sosial kemanusiaan sesuai ajaran islam. Saat ini Pondok Pesantren Sunni Darussalam diasuh oleh Dr. KH. Ahmad Fatah, M.Ag. dan keluarga besar Prof. Dr. KH. Moh. Tolchah Mansoer, S.H. Pondok Pesantren Sunni Darussalam Yogyakarta berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren As-Sunniy Darussalam (YPPAD).

Visi

Beragama prima, berakhlak mulia, dan berwawasan kebangsaan.

Misi

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Kreatif dan Inovatif Berbudaya Pesantren.
  2. Menyelenggarakan Pendidikan Al-Qur’an yang berakidah Ahlus Sunnah wal Jamaah.
  3. Menyelenggarakan Keterampilan Berbahasa.
  4. Mewujudkan Sarana Keterampilan Berbahasa.
  5. Mewujudkan Sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi yang Terpadu. serta
  6. Menyelenggarakan Kegiatan Ibadah.
Fasilitas madrasah 1

Profil Madrasah Aliyah Darussalam

Dalam menunjang kegiatan Belajar Mengajar di Pondok Pesantren Sunni Darussalam pada 2010 mulai direncanakan untuk pembangunan Madrasah Aliyah. Pembangunan dilakukan pada kurun waktu 2011-2012 dengan desain gedung 3 lantai yang difungsikan sebagai ruang kelas, lab komputer, ruang guru, ruang osis, Gudang, kamar mandi dan Aula. Madrasah Aliyah Darussalam diresmikan pada tanggal 12 Desember 2012 dan mulai menerima siswa baru untuk tahun ajaran 2013-2014. Kepala Madrasah sejak 2012 hingga sekarang adalah Hj. Choirotun Chisaan. M. Hum. dibantu oleh Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Sarpras, Bendahara, Administrasi dan Dewan Pengajar.

Fasilitas madrasah 1

Profil Madrasah Tsanawiyah Darussalam

Dalam menunjang kegiatan Belajar Mengajar di Pondok Pesantren Sunni Darussalam pada tanggal 17 Juni 2017 untuk Kepala Madrasah Pertama adalah Hj. Choirotun Chisaan, M. Hum (2017 -2018) kemudian dilanjutkan oleh Azis, M.A. (2018 – 2019), selanjutnya Hilman Abdullah, S. Hum (2019 -2020) kemudian (2020 – sekarang) pimpinan Madrasah Tsanawiyah Darussalam adalah Dewi Widaryanti, S.Pd. Awal penerimaan peserta didik baru MTs Darussalam sejumlah 9 anak dari Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jakarta hingga saat ini jumlah siswa keseluruhan 83 siswa mulai dari kelas 7 sampai kelas 9 yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Sejak awal berdiri menggunakan Kurikulum 2013 dengan dipadukan dengan muatan lokal.