Oleh Sunni Darussalam Senin, 19 Februari 2018 Dilihat 4021 Kali

Sejarah Berdirinya

Pada tahun1984, Prof. Dr. KH. Moh, Tolchah Mansoer, SH (Alm) menerima wakaf sebidang tanah seluas 1039 m2 di Dusun Tempelsari, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tujuan agar didirikan sebuah pondok pesantren. Sejak saat itu beliau menetapkan niat untuk mendirikan pondok pesantren dan memberinya nama "Sunni Darussalam". Setelah beliau wafat pada tahun 1986, nadhir wakaf dialihkan kepada Ny. Dra. Hj. Umroh Machfudzoh Tholchah Mansoer dengan ikrar tetap didirikan Pondok Pesantren. Karena luas tanah dirasa kurang memadai untuk sebuah pondok pesantren, maka nadhir memperluas tanah tersebut sehingga menjadi seluas 2804 m2.

Pondok Pesantren Sunni Darussalam

Perkembangan Selanjutnya

Pada perkembangan berikutnya, yayasan mendapatkan tambahan wakaf sebidang tanah seluas 245 muntuk didirikan Madrasah Diniyyah sebagai rintisan awal berdirinya Pondok Pesantren Sunni Darussalam (PPSD). Berkat rahmat Allah SWT dan bantuan dari berbagai pihak, gedung Madrasah Diniyyah "Darussalam" tersebut sudah dapat difungsikan sejak tanggal 20 Juni 1993 M. Jumlah santri yang mengikuti kegitan ta'lim wa ta'allum sebanyak 84 santri dengan rata-rata usia dibawah 20 tahun.

Kegiatan ta'lim wa ta'allum PPSD terus mengalami perkembangan. Pada tahun 2000 yayasan mulai membangun gedung berlantai dua di atas tanah seluas 600 muntuk asrama santri putra yang mondok untuk bermukim sebanyak 50 orang. Santri putra tersebut adalah mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta (UIN Sunan Kalijaga, UGM, UII, UNY, AMIKOM, UST, PGRI UNRIYO, dll).

Perkembangan lebih lanjut kegiatan ta'lim wa ta'allum PPSD adalah didirikannya gedung taman kanak-kanak Darussalam Plus di atas lahan seluas 270 m2 yang beroprasi pada Juni 2004. Dan sejak beroprasi sebagai lembaga pendidikan, TK Darussalam Plus telah meluluskan lebih dari 250 siswa. Lembaga pendidikan ini pada praktiknya memiliki titik tekan kurikulum pendidikan yang berbasis keagamaan dan menumbuhkan semangat belajar yang kreatif dan inofatif pada anak-anak pada usia dini. Hal tersebut dapat di buktikan dengan melihat kualitas siswa siswi lulusan TK Darusallam Plus yang sudah dapat membaca IQRO' dan AL-QUR'AN dengan lancar bahkan 90% telah Khatam 30 Juz serta dapat menulis secara tertib dan baik.

Melihat perkembangan penyelenggaraan pendidikan di PPSD yang sangat pesat menuju ke arah kemajuan sebagai andilnya dalam turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, maka pihak yayasan dengan dorongan penuh dari berbagai pihak di kalangan masyarakat berinisiatif untuk mengembangkan lembaga pendidikan yang lebih tinggi dengan keinginan mendirikan Madrasah Aliyah. Sesuai dengan tujuan yayasan sebagaimana tercantum dalam akte YPP As-Sunni Darussalam No 10 Tanggal 17 April 1993 bahwa yayasan akan mengusakan dan menyelenggarakan kegiatan sosial dan keagamaan, khususnya bidang pendidikan formal maupun Non formal baik untuk tingkat taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi, maka pendirian Madrasah Aliyah Sunni Darussalam sejalan degan tujuan yayasan tersebut. Yayasan ini berdomisili di Dusun Tempel Sari, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sunni Darussalam 

Pada tahun 2016 yayasan pondok pesantren mendirikan sebuah lembaga pendidikan yaitu sekolah MA Darussalam. Hingga pada saat ini jumlah santri yang mukim di Pondok Pesantren berjumlah 145 orang santri yang terdiri dari beberapa santri mahasiswa dan siswa aliyah.

Share :
Subscribe artikel